Rabu, 25 November 2015

Ekologi Menurut Para Ahli

Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli - Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan saling ketergantungan dan juga hubungan timbal balik diantara makhluk hidup dengan lingkungan tak hidup dalam satu ekosistem. Istilah Ekologi tersebut berasal dari bahasa yunani yaitu "Oikos" berarti "habitat", dan juga logos berarti "ilmu".

Jadi , Pengertian Ekologi adalah suatu ilmu tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Ekosistem adalah suatu sistem yang terjadi pada suatu hubungan (interaksi) dengan saling ketergantungan pada komponen-komponen di dalamnya, baik  itu makhluk hidup ataupun tidak hidup.

Pada tiap-tiap komponen ekosistem mempunyai makna yang khusus bagi komponen yang lain dengan sangat terorganisir dan juga berlangsung dengan secara dinamis untuk terbentuknya suatu 'keseimbangan lingkungan'.
ekologi
Pengertian Ekologi

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli - Selain definisi umum mengenai pengertian ekologi, ada pula pengertian ekologi yang dikemukakan menurut para ahli. Pengertian ekologi menurut definisi para ahli adalah sebagai berikut...
  • Pengertian Ekologi Menurut Miller (1975)Menurut Miller tentang pengertian ekologi yang menggemukakan bahwa ekologi adalah suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik diantara organisme serta sesamanya dan juga dengan lingkungannya.
  • Pengertian Ekologi Menurut Otto Soemarwoto, pengertian ekologi adalah suatu ilmu mengenaihubungan timbal balik diantara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
  • Pengertian Ekologi Menurut C. Elton
    ekologi adalah suatu ilmu yang mengkaji sejarah alam atau juga perkehidupan alam dengan secara ilmiah
  • Pengertian Ekologi Menurut Resosoedarmo
    pengertian ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.
  • Pengertian Ekologi Menurut Andrewarthaekologi adalah suatu ilmu yang membahas penyebaran dan juga kemelimpahan organisme
  • Pengertian Ekologi Menurut Krebsekologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji suatu interaksi yang menentukan adanya penyebaran dan juga kemelimpahan organisme
  • Pengertian Ekologi Menurut Eugene P. Odum 
    ekologi adalah suatu kajian terstruktur serta fungsi alam, tentang suatu struktur dan juga interaksi diantara sesama organisme dengan  lingkungannya.

Prinsip-Prinsip Ekologi

Prinsip-Prinsip Ekologi - Terdapat prinsip utama yang terdapt didalam ekologi.
Prinsip ekologi antara lain sebagai berikut...
  • Interaksi (interaction)
  • Saling ketergantungan (interdependence)
  • Keanekaragaman (diversity)
  • Keharmonisan (harmony)
  • Kemampuan berkelanjutan (sustainability)
Dalam ekologi, Terdapat tiga aspek utama ekologi yang digunakan dan juga berlaku didalam tiap-tiap kajiannya.
3 (Tiga) Aspek utama ekologi antara lain sebagai berikut
  1. Ilmu mengenai suatu hubungan organisme dengan lingkungannya
  2. Ilmu mengenai suatu hubungan antara organisme terhadap lingkungannya
  3. Ilmu mengenai suatu hubungan struktur serta fungsi alam. http://www.pendidikanku.net/2015/03/pengertian-ekologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar